PENGEMBANGAN SILABUS
Sekolah :
SMP Negeri 4 Malang
Mata Pelajaran : PRAKARYA
Kelas :
IX
Kompetensi Inti
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Aspek: Kerajinan
Alokasi waktu: 2 jam pembelajaran/minggu
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Kegiatan Pembelajaran |
Pembelajaran |
Nilai Karakter |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Model |
Metode |
|||||||||
3.1 Memahami
pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan bahan kayu,
bambu, dan rotan 4.1
Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan bahan kayu (misalnya ranting,
papan, dan balok), bambu, atau rotan yang sesuai dengan potensi daerah
setempat |
·
Keragaman bahan keras ·
Jenis kayu, bambu dan rotan. ·
Sifat kayu, bambu dan rotan. ·
Karakter kayu, bambu dan rotan. ·
Teknik pengolahan kayu, bambu dan rotan. |
3.1.1
Mengelompokkan
keragaman bahan keras 3.1.2
Menjelaskan
prinsip bahan keras 3.1.3
Merinci
tujuan pembuatan kerajinan 3.1.4
Menggali
jenis jenis kayu, bambu dan rotan 3.1.5
Mengidentifikasi
karakteristik bahan keras 3.1.6
Menjelaskan
proses produksi karya kerajinan bahan
keras 4.1.1 Melakukan pemilihan dan memutuskan penggunaan jenis bahan keras
sebagai bahan pembuatan kerajinan 41.2
Mengemukakan alasan pemilihan bahan keras tertentu sebagai bahan pembuatan kerajinan |
·
Mengamati hasil karya kerajinan bahan keras ·
Melakukan tanya jawab tentang keragaman bahan keras
dengan sopan ·
Membaca literasi dari buku paket tentang prinsip bahan
keras dengan penuh tanggungjawab ·
Melakukan
diskusi kelompok tentang jenis, sifat, karakter kayu, bambu
dan rotan. ·
Menyajikan hasil diskusi dan mengkomunikasikan melalui
paper secara gotong royong ·
Mengamati tayangan video pembuatan kerajinan dari bahan
kayu, bambu ·
Menjelaskan langkah pembuatan karya kerajinan dari
bahan keras ·
Melakukan pemilihan bahan dan memutuskan
penggunaan jenis
bahan keras secara
mandiri ·
Mengemukakan
alasan pemilihan bahan keras tertentu sebagai bahan pembuatan kerajinan |
Discovery
Learning |
Diskusi Kerja Kelompok |
·
Religius ·
Nasional ·
Integritas ·
Mandiri ·
Gotong royong |
·
Sikap (Jurnal) ·
Tes Tulis · Penugasan |
4x2 JP |
·
Contoh karya Kerajinan Bahan Keras ·
Aneka Bahan Keras (kayu, rotan, bambu batu dll) ·
Buku Paket Prakarya ·
Internet |
|
3.2
Menganalisis prinsip perancangan,
pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan kayu, bambu, dan rotan
yang kreatif dan inovatif 4.2
Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan kayu, bambu,
dan rotan yang kreatif dan inovatif sesuai dengan potensi daerah setempat |
· Jenis alat dan kegunaannya · Teknik dan langkah- langkah pembuatan · Teknik penyajian · Pembuatan rancangan produk kerajinan |
3.2.1 Melakukan analisa prinsip perancangan pembuatan dan penyajian produk kerajinan 4.2.1 Membuat rancangan Karya kerajinan dari bahan keras
secara mandiri dan bertanggungjawab 4.2.2 Membuat karya dari bahan kayu, bambu atau rotan. 4.2.3 Melakukan pengemasan hasil kerajian yang telah dibuat 4.2.4 Mengevaluasi hasil pembuatan karya
kerajinan |
•Mengamati
tayangan video
tentang pembuatan kerajinan dari bahan keras(kayu,
bambu, rotan) •Mengemukakan
kembali jenis alat, teknik dan langkah pembuatan kerajinan •Melakukan analisa prinsip
perancangan pembuatan dan penyajian produk kerajinan ·
Membaca literasi dari buku paket tentang prinsip bahan
kayu, bambu dan rotan dengan penuh tanggungjawab •Membuat
pertanyaan tentang cara merancang dan pembuatan produk kerajinan dari kayu, bambu dan
rotan •Membuat
rancangan berkarya yang meliputi:
Judul/ nama Karya, ide gagasan, sketsa/desain, alat
dan bahan, langkah pembuatan, kemasan
secara mandiri •Membuat
karya dari bahan kayu, bambu atau rotan, serta melakukan pengemasan dengan kreatif dan inovatif ·
Mengevaluasi hasil pembuatan karya kerajinan |
Project Based Learning |
Diskusi Kerja Kelompok Praktik |
·
Religius ·
Nasional ·
Integritas ·
Mandiri ·
Gotong royong |
·
Tes Tulis ·
Penugasan ·
Praktik ·
Produk |
4x2 JP |
·
Contoh karya Kerajinan Bahan Keras ·
Aneka Bahan Keras (kayu, rotan, logam, Kulit, batu dll) ·
Buku Paket Prakarya ·
Narasumber (guru, pengrajin) ·
Internet |
|
3.3 Memahami pengetahuan
tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan bahan logam, batu, dan
plastik 4.3
Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan bahan logam, batu, atau plastik
yang sesuai dengan potensi daerah setempat |
·
Jenis logam, batu dan plastik · Sifat logam,
batu dan plastik ·
Karakter logam, batu dan plastik ·
Teknik pengolahan logam,batu dan plastik |
3.3.1
Menggali
jenis jenis logam, batu, plastik 3.3.2 Mengidentifikasi karakteristik bahan logam, batu,
plastik 3.3.3 Mengurutkan proses pembuatan karya kerajinan dari
bahan logam, batu, plastik 4.3.1 Melakukan pemilihan dan memutuskan penggunaan jenis bahan keras (logam, batu, plastic) sebagai
bahan pembuatan kerajinan 4.3.2
Mengemukakan alasan pemilihan bahan keras tertentu sebagai bahan pembuatan kerajinan |
·
Melakukan tanya jawab tentang keragaman bahan keras
(buatan) ·
Membaca buku paket tentang prinsip bahan keras (logam, batu,plastic) dengan penuh tanggungjawab ·
Melakukan
diskusi kelompok tentang jenis, sifat, karakter (logam, batu,plastic) ·
Menyajikan hasil diskusi dan mengkomunikasikan secara lesan yang mencerminkan gotong royongan ·
Menjelaskan langkah pembuatan karya kerajinan dari
bahan keras ·
Melakukan pemilihan bahan dan memutuskan
penggunaan satu jenis
bahan keras ·
Mengemukakan
alasan pemilihan bahan keras tertentu sebagai bahan pembuatan kerajinan |
Discovery
Learning |
Diskusi Kerja Kelompok |
·
Religius ·
Nasional ·
Integritas ·
Mandiri ·
Gotong royong |
·
Tes Tulis ·
Penugasan ·
Praktik ·
Produk |
3x2 JP |
·
Contoh karya Kerajinan Bahan Keras (logam, batu,
plastik) ·
Buku Paket Prakarya ·
Narasumber(guru, seniman) ·
Internet |
|
3.4
Menganalisis prinsip perancangan,
pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan logam, batu, dan plastik
yang kreatif dan inovatif 4.4
Merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan logam, batu,
dan plastik yang kreatif dan inovatif sesuai dengan potensi daerah setempat |
·
Jenis alat dan kegunaannya ·
Teknik dan langkah- langkah pembuatan ·
Teknik penyajian ·
Pembuatan rancangan produk kerajinan |
3.4.1 Melakukan analisa prinsip perancangan pembuatan
dan penyajian produk kerajinan 4.4.1 Membuat rancangan karya kerajinan dari bahan keras
secara mandiri dan bertanggungjawab 4.2.2
Membuat karya dari bahan logam, batu atau plastic. 4.2.3 Melakukan pengemasan hasil kerajian yang telah dibuat 4.2.4 Mengevaluasi hasil
pembuatan karya
kerajinan |
•Mengamati
tayangan video
tentang pembuatan kerajinan dari bahan keras(logam,
batu,plastik) •Mengemukakan
kembali jenis alat, teknik dan langkah pembuatan kerajinan •Membaca literasi tentang
kerajinan dari bahan logam, batu dan plastik •Melakukan analisa prinsip
perancangan pembuatan dan penyajian produk kerajinan •Membuat
pertanyaan tentang cara merancang dan pembuatan produk kerajinan dari logam, batu dan plastic dengan
sopan •Membuat
rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pembuatan •Membuat
produk dari bahan logam,
batu dan plastik, dan mengemas secara mandiri dan jujur ·
Mengevaluasi dan melaporkan proses dan hasil
pembuatan produk kerajinan |
Project Based Learning |
Diskusi Kerja Kelompok Praktik |
·
Religius ·
Nasional ·
Integritas ·
Mandiri ·
Gotong royong |
·
Tes Tulis ·
Penugasan ·
Praktik ·
Produk |
4x2 JP |
·
Contoh karya Kerajinan Bahan Keras (logam, batu,
plastik) ·
Buku Paket Prakarya ·
Narasumber(guru, seniman) ·
Internet |
|
Komentar
Posting Komentar